Saturday, October 15, 2016

Cara Memilih Komponen PC yang Tepat : Hubungan Storage dengan Komponen Lainnya

Membangun PC itu tidak mudah, karena semua komponen dalam PC tersebut harus compatible satu. Nah terus, bagaimana cara untuk membuat PC yang compatible ? Pertama anda harus mengetahui apa saja komponen penting dalam PC.
Ini dia diagram tentang komponen PC.
1.       Storage
Umumnya berhubungan dengan Case, PSU, dan Motherboard.
·         Case
Kebanyakan ukuran storage untuk PC anda ada 2, yaitu 2.5 inch, atau 3.5 inch, hitunglah berapa banyak drive yang anda pakai dan pastikan case anda punya tempat tersedia untuk memasang drive-drive tersebut.
·         PSU
Menurut saya, biasanya saya mencari PSU dengan watt yang lebih dari 100 atau 150 dari total watt keseluruhan sistem yang akan saya buat agar jika saya berencana untuk melakukan overclock, PSU saya masih bisa menaggung sistem tersebut. Untuk mencari tahu berapa banyak watt yang akan digunakan oleh PC anda, saya sarankan menggunakan website outervision.com dan isi spesifikasi PC anda disana.
·         Motherboard

Ini mungkin lebih sulit untuk dipahami bagi pemula. Storage berbasis SSD  atau HDD biasanya berkoneksi via SATA kabel data. Untuk sekarang jenis SATA yang paling umum adalah SATA 2 ( 3GB/s) dan SATA 3 (6GB/s). Biasanya SSD memerlukan SATA3 Connector, jadi cek spesifikasi MoBo anda untuk mengetahui berpa banyak jumlah SATA dalam MoBo anda. Lalu ada jenis storage baru yang berjenis M.2 dan PCIE untuk masuk ke PCI slot.

No comments:

Post a Comment