Saturday, October 15, 2016

Cara Memilih Komponen PC yang Tepat : Hubungan PSU dengan Komponen Lainnya

Membangun PC itu tidak mudah, karena semua komponen dalam PC tersebut harus compatible satu. Nah terus, bagaimana cara untuk membuat PC yang compatible ? Pertama anda harus mengetahui apa saja komponen penting dalam PC.
Ini dia diagram tentang komponen PC.
1.       PSU
Berhubungan dengan semua komponen.
·         Case
Untuk menjamin PSU anda kompatible dengan case anda, ada 3 faktor, pertama adalah bentuk PSU anda, PSU juga punya ukuran, tetapi 2 ukuran utama dari PSU adalah SFX dan ATX, untuk SFX biasanya digunakan untuk membangun PC kecil atau mini, jadi jika anda tidak berencana membaut PC yang kecil maka anda akan perlu menggunakan PSU ukuran ATX, cari spesifikasi case anda untuk memastikan apa ukuran PSU anda bisa disupport oleh case.  Kedua adalah volume PSU anda, lebih baik memakai PSU yang ukuranya lebih kecil dari ukuran PSU yang bisa didukung oleh PC agar mudah untuh merapikan kabelnya. Yang ketiga, carilah apa ada fan atau LED controller yang memerlukan tenaga dari PSU anda, biasanya kabel yang digunakan untuk menghubungkannya adalah SATA.
·         Motherboard
Hubungannya utamanya adalah connector anda, connector tersebut harus sama dengan punya EPS power connector anda. Biasanya jenisnya adalah 8 pin atau 4 pin. Tetapi saya rekomendasikan menggunakan 8 pin power connector yang bisa dipakai untuk 4 pin juga ( 4 kali 2 ). Lalu ada power connector utama yang biasanya berbasis 20 pin atau 24 pin, pastikan MoBo anda bisa mendukung connector tersebut.
·         CPU
CPU mempunyai TDP yang menyatakan berapa banyak watt yang dikuran dari PSU, jadi pastikan PSU anda bisa menanggung watt dari kesuluruhan PC.
·         RAM
Menurut saya, biasanya saya mencari PSU dengan watt yang lebih dari 100 atau 150 dari total watt keseluruhan sistem yang akan saya buat agar jika saya berencana untuk melakukan overclock, PSU saya masih bisa menaggung sistem tersebut. Untuk mencari tahu berapa banyak watt yang akan digunakan oleh PC anda, saya sarankan menggunakan website outervision.com dan isi spesifikasi PC anda disana.
·         GPU
Biasanya di situs resmi dari produk GPU anda dituliskan berapa banyak watt PSU yang direkomendasikan untuk menaggung watt dari PC anda. Menurut saya, biasanya saya mencari PSU dengan watt yang lebih dari 100 atau 150 dari total watt keseluruhan sistem yang akan saya buat agar jika saya berencana untuk melakukan overclock, PSU saya masih bisa menaggung sistem tersebut. Untuk mencari tahu berapa banyak watt yang akan digunakan oleh PC anda, saya sarankan menggunakan website outervision.com dan isi spesifikasi PC anda disana.
·         CPU Cooler

Hubungannya sama dengan GPU dan RAM.

No comments:

Post a Comment