Saturday, October 15, 2016

Cara Memilih Komponen PC yang Tepat : Hubungan GPU dengan Komponen Lainnya

Membangun PC itu tidak mudah, karena semua komponen dalam PC tersebut harus compatible satu. Nah terus, bagaimana cara untuk membuat PC yang compatible ? Pertama anda harus mengetahui apa saja komponen penting dalam PC.
Ini dia diagram tentang komponen PC.
1.       GPU
GPU berhubungan dengan MoBo , case , dan PSU anda.
·         PSU
Biasanya di situs resmi dari produk GPU anda dituliskan berapa banyak watt PSU yang direkomendasikan untuk menaggung watt dari PC anda. Menurut saya, biasanya saya mencari PSU dengan watt yang lebih dari 100 atau 150 dari total watt keseluruhan sistem yang akan saya buat agar jika saya berencana untuk melakukan overclock, PSU saya masih bisa menaggung sistem tersebut. Untuk mencari tahu berapa banyak watt yang akan digunakan oleh PC anda, saya sarankan menggunakan website outervision.com dan isi spesifikasi PC anda disana.
·         Motherboard
MoBo anda punya PCI slot yang digunakan sebagai tempat untuk memasukkan GPU anda. Jika kalian berencana menggunakan lebih dari 1 GPU, pastikan MoBo anda mendukung GPU anda dengan mempunyai PCI slot yang cukup dan mampu untuk melakukan SLI atau Crossfire ( jika anda tidak menggunakan GPU tersebut secara independen ).
·         Case

Pastikan GPU anda bisa muat kedalam case anda, karena kebanyakan GPU memiliki bentuk panjang dan lebar jadi pastikan lebar dan panjang case anda bisa mendukung PC tersebut. Dan pastikan case anda punya slot yang cukup untuk untuk memasang GPU anda ( jika anda berencana memakai lebih dari 1 GPU ).

No comments:

Post a Comment